Piringan Hitam
Piringan hitam mulai ada sejak tahun 1948. Ada tiga ukuran piringan hitam dalam hitungan rpm (rotation per minute) yaitu 78, 45, 33 1/3. Piringan hitam 78 dan 45 untuk plat berdiameter 25 cm, sedangkan 33 1/3 untuk plat berdiameter 30 cm. 78, 45, 33 1/3 rpm maksudnya adalah, setiap satu menit piringan hitam itu berputar sebanyak angka yang menjadi ukurannya (78, 45, 33 1/3). Semakin besar diameter platnya, semakin kecil ukuran untuk memutarnya.Belakangan kecepatan 78 mulai tidak digunakan lagi pada produksi piringan hitam ini sejak sekitar tahun 60an dan hanya kecepatan 45 dan 33 1/3 saja yang masih digunakan untuk memutarnya. Plat berukuran 30 cm dengan kecepatan 33 1/3 yang biasa disebut Long Play (disingkat LP), plat ukuran sedang 25 cm juga dengan kecepatan 33 1/3 masih termasuk Long Play tapi biasanya berisi 4 buah lagu di tiap sisinya, plat ukuran 18 cm dengan kecepatan 45 atau 33 1/3 juga, berisi 1 buah lagu di tiap sisinya disebut Single Player dan yang berisi 2 buah lagu di tiap sisinya disebut Extended Player.
Ada beberapa alat untuk memutar piringan hitam, salah satunya adalah phonograph. Cara kerja piringan hitam sama saja disemua alat pemutarnya, yaitu dengan menggunakan stylus, yang berbentuk seperti jarum yang berada di pinggiran piringan hitam. Stylus itu berfungsi untuk mencatat simpangan gelombang suara yang direkam di piringan hitam dan kemudian meneruskannya ke alat pengeras suara.
Dari segi fisik, piringan hitam besar dan agak berat, Beratnya kira-kira 90-200 gram. Intinya tidak praktis untuk membawa piringan hitam kemana-mana. Akan tetapi kelebihannya adalah piringan hitam tidak mudah rusak dan suara yang direkam bagus. Jadi selama platnya tidak baret-baret, sebuah piringan hitam tidak akan bermasalah. Oleh karena itulah piringan hitam banyak disukai orang-orang. Para musisi pada tahun 1950-1970an pun banyak yang merekam lagu-lagu mereka ke dalam piringan hitam. Namun biasanya mereka hanya merekam single saja kedalam piringan hitam yang berukuran 78 atau 45. Jadi kebanyakan hanya terdapat dua lagu, masing-masing satu lagu di side A dan side B. Hal itu dikarenakan pada masa itu biaya untuk merekam lagu terbilang mahal, lagipula seorang penyanyi atau sebuah grup musik biasanya hanya mempunyai satu atau dua lagu yang terkenal, maka dari itu mereka lebih memilih membuat single. Jadi kalaupun mereka membuat album, album hanya bisa direkam di piringan hitam berukuran 33 1/3, biasanya sisa lagu yang lain yang selain single hanya filler.
Di Indonesia sendiri, piringan hitam mulai digunakan sebagai alat perekam sekitar tahun 1957. Perusahaan rekaman yang berjaya saat itu dan memproduksi piringan hitam adalah Lokananta di Surakarta dan Irama di Menteng. Beberapa artis seperti Koes Bersaudara, Titiek Puspa, dan Lilies Suryani adalah yang merekam lagunya di perusahaan rekaman tersebut dalam format piringan hitam. Pada masa itu di Indonesia, piringan hitam termasuk mahal, ditambah lagi dengan alat pemutarnya, jadi tidak semua orang di Indonesia memilikinya. Itulah salah satu faktor yang menyebabkan piringan hitam kurang terkenal di Indonesia.
Untuk di dunia sendiri, piringan hitam mulai turun pamornya sejak adanya CD pada awal tahun 1980an. CD berhasil menggusur pasar piringan hitam karena fisiknya yang lebih kecil sehingga dapat dengan mudah dibawa, ditambah lagi suaranya yang jernih.
Namun, pada masa sekarang ini, piringan hitam masih dan sedang banyak dicari. Karena orang-orang yang ingin memiliki rekaman musisi idolanya, ingin mempunyai rekaman mereka dari zaman piringan hitam. Lagipula rekaman lagu-lagu untuk musisi-musisi lama, seperti contohnya The Beatles, lebih banyak di piringan hitam. Selain itu nilai tambahan untuk yang mempunyai piringan hitam sekarang ini adalah kepuasan batin, gengsi, dan esensinya dalam mengoleksi barang.
[sunting] Kaset
Audio kaset, sudah ada sejak tahun 1963. Akan tetapi kaset tidak bisa menggusur kedudukan piringan hitam saat itu. Sekitar tahun 1970an barulah kaset mulai banyak dilirik oleh orang-orang dan juga industri rekaman.Kaset mempunyai bentuk yang sederhana, dengan dua bolongan sebagai alat pemutar pita magnetiknya. Pita magnetik adalah media untuk merekam suara di dalam kaset. Kapasitas merekam yang dapat dilakukan sebuah kaset berbeda-beda, yang paling sedikit kapasitasnya hanya bisa merekam selam tujuh menit di setiap sidenya, jadi bila dijumlahkan durasi satu kaset adalah 14 menit, sedangkan yang paling panjang kapasitasnya adalah yang bisa merekam sampai 60 menit di setiap sidenya, jadi durasi keseluruhannya adalah 120 menit atau dua jam.
Alat untuk memutar kaset dapat kita temukan dimana-mana, dari yang besar sampai yang kecil, bahkan ada pula yang portable, jadi kita bisa membawanya kemana-mana dengan mudah. Kelebihan lainnya adalah kaset dapat digunakan untuk merekam secara manual, maksudnya adalah kita bisa merekam rekaman suara lain dan dimasukkan ke dalam kaset kosong yang kita punya. Oleh karena itulah pada tahun 1970an, hampir semua musisi pasti mempunyai rekaman single atau albumnya dalam bentuk kaset. Karena selain dapat merekam lebih banyak, apabila kita menggunakan kaset dengan kapasitas 120 menit, biaya untuk memproduksi rekaman dengan menggunakan kaset pun lebih murah. Sampai saat ini pun kaset masih menjadi alternatif media perekam yang dipilih oleh musisi. Namun beberapa tahun belakangan ini mulai ada perusahaan rekaman yang tidak mau lagi memproduksi kaset.
Salah satu faktor utama yang menyebabkan kaset kurang terkenal di awal kemunculannya, adalah kaset, yang menggunakan pita magnetik sebagai alat untuk merekam suara, kadang-kadang tidak merekam dengan sempurna. Jadi sangat mungkin terjadi, rekaman di dalam kaset suaranya mendem atau kalau memang suaranya bagus, kemungkinan kaset itu untuk menjadi mendem pun besar. Hal itu dikarenakan pita magnetik yang terdapat dalam kaset terbilang sensitif, kita tidak boleh membiarkan kaset itu kotor, apalagi sampai pita magnetiknya yang kotor, dan kita juga harus memutar pitanya sampai ke batas pita yang biasanya berwarna putih yang tidak ada rekamannya. Selain itu kita juga harus berhati-hati jangan sampai pita magnetiknya kusut saat menggulung. Artinya kita harus merawat kaset lebih ekstra. Ditambah lagi pita magnetik untuk merekam sekarang ini lebih tipis dibandingkan dengan zaman dulu (sekitar tahun 1970an), jadi kemungkinan kaset untuk rusak lebih besar. Namun kaset zaman dulu pun tidak jaminan tidak mudah rusak.
[sunting] Cakram Padat (CD) dan MP3
Primadona alat perekam musik sampai saat ini adalah CD. Hadir di awal tahun 1980an dan berhasil menggeser kedudukan pendahulunya, piringan hitam dan kaset. Keunggulan CD adalah bentuknya yang sangat simpel dan ringkas, kualitas suaranya yang jernih, kemampuan merekamnya yang hebat, dapat merekam hingga lebih dari 700 mega byte, selain itu perawatannya juga mudah. Prinsip dasar perawatannya sama seperti piringan hitam, selama tidak baret-baret CD itu akan baik-baik saja.Terdapat banyak alat untuk dapat memutar sebuah CD. CD dapat diputar apabila sensor yang berbentuk seperti mata yang terdapat di alat pemutar CD dapat membaca CD tersebut. Untuk itulah mengapa penting agar CD tetap dijaga keadaanya dan tidak baret-baret, karena kalau ada baretan akan ada masalah dalam membaca CD tersebut.
Apabila seorang grup musik, ambil contoh lagi The Beatles ingin merekam albumnya ke dalam sebuah CD, biasanya perusahaan rekaman akan membuat dua versi rekamannya. Rekaman internasionalnya yang akan menjadi CD impor yang kualitasnya pasti lebih baik dan harganya juga lebih mahal. Sedangkan versi keduanya adalah CD lokal yang dibuat lagi oleh perusahaan rekaman yang sama seperti yang mengeluarkan rekaman CD impor, tetapi perusahaan rekaman tersebut ada di negara dimana CD lokal itu akan dipasarkan. Kekurangan CD lokal meskipun harganya jauh lebih murah dari CD impor adalah kualitasnya yang kurang bagus, selain itu prestigenya pun kurang apabila kita membeli CD lokal.
Kelebihan lainnya, lagu-lagu yang terdapat dalam CD dapat dipindahkan ke komputer dengan cara di rip yang nantinya dapat dengan mudah kita pindahkan lagi ke alat-alat pemutar musik portable seperti iPod. Ada lagi yang dapat dengan mudah langsung dipindahkan ke komputer tanpa perlu me-rip-nya, yaitu MP3. MP3 pada umumnya berprinsip sama seperti CD, namun kemampuan MP3 dalam merekam musik lebih banyak, jadi kita bisa memasukkan banyak lagu kedalam satu MP3. Seharusnya harga MP3 asli sama mahalnya seperti CD impor, namun karena kecanggihan teknologi, sekarang ini dapat dengan mudah dibuat CD dan
MP3 bajakan.
Terjemahan Inggris ke Bahasa Indonesia
Pita perekam suaraArtikel utama: pita perekaman suara magnetik
penemuan penting lain dari periode ini adalah magnetic tape dan tape recorder (Telegraphone). tape Kertas berbasis pertama kali digunakan tapi segera digantikan oleh poliester dan asetat dukungan karena drop debu dan mendesis. Asetat lebih rapuh dari poliester dan bentak mudah. Teknologi ini, dasar untuk hampir semua rekaman komersial dari tahun 1950 hingga 1980-an, diciptakan oleh para insinyur audio Jerman pada 1930-an, yang juga menemukan teknik biasing AC, yang secara dramatis meningkatkan respon frekuensi rekaman tape. Tape rekaman disempurnakan setelah perang oleh American insinyur audio John T. Mullin dengan bantuan Crosby Usaha (Bing Crosby), yang merintis recorder didasarkan pada perekam Jerman ditangkap, dan perusahaan Ampex menghasilkan tape recorder pertama tersedia secara komersial di akhir 1940-an.Sebuah Compact Cassette khas
pita magnetik membawa perubahan besar di radio maupun industri rekaman. Suara bisa dicatat, dihapus dan direkam ulang pada tape yang sama berkali-kali, suara bisa digandakan dari kaset ke tape dengan hanya kehilangan sedikit kualitas, dan rekaman sekarang bisa sangat tepat diedit oleh fisik pemotongan pita dan kembali bergabung itu. Dalam beberapa tahun diperkenalkannya tape recorder komersial pertama, yang Ampex 200 model, diluncurkan pada 1948, musisi penemu-Amerika Les Paul telah menemukan tape recorder multitrack pertama, membawa sekitar lain revolusi teknis di industri rekaman. Tape dimungkinkan rekaman suara pertama benar-benar diciptakan oleh sarana elektronik, membuka jalan bagi percobaan sonik berani sekolah Beton Musique dan komposer avant garde seperti Karlheinz Stockhausen, yang pada gilirannya menyebabkan rekaman musik pop inovatif artis seperti Frank Zappa , The Beatles dan The Beach Boys.
Tape diaktifkan industri radio untuk pertama kalinya untuk banyak bagian pra-catatan konten program seperti periklanan, yang sebelumnya harus disajikan hidup, dan juga memungkinkan penciptaan dan duplikasi kompleks, kesetiaan tinggi, rekaman lama-lama seluruh program. Hal ini juga, untuk pertama kalinya, diperbolehkan penyiar, regulator dan pihak lain yang tertarik untuk melakukan penebangan komprehensif siaran radio. Inovasi seperti multitracking dan tape echo memungkinkan program radio dan iklan untuk menjadi pra-diproduksi tingkat kompleksitas dan kecanggihan yang sebelumnya tak terjangkau dan tape juga menyebabkan perubahan yang signifikan pada mondar-mandir isi program, berkat pengenalan loop-habisnya tape cartridge.
penemuan penting lain dari periode ini adalah magnetic tape dan tape recorder (Telegraphone). tape Kertas berbasis pertama kali digunakan tapi segera digantikan oleh poliester dan asetat dukungan karena drop debu dan mendesis. Asetat lebih rapuh dari poliester dan bentak mudah. Teknologi ini, dasar untuk hampir semua rekaman komersial dari tahun 1950 hingga 1980-an, diciptakan oleh para insinyur audio Jerman pada 1930-an, yang juga menemukan teknik biasing AC, yang secara dramatis meningkatkan respon frekuensi rekaman tape. Tape rekaman disempurnakan setelah perang oleh American insinyur audio John T. Mullin dengan bantuan Crosby Usaha (Bing Crosby), yang merintis recorder didasarkan pada perekam Jerman ditangkap, dan perusahaan Ampex menghasilkan tape recorder pertama tersedia secara komersial di akhir 1940-an.Sebuah Compact Cassette khas
pita magnetik membawa perubahan besar di radio maupun industri rekaman. Suara bisa dicatat, dihapus dan direkam ulang pada tape yang sama berkali-kali, suara bisa digandakan dari kaset ke tape dengan hanya kehilangan sedikit kualitas, dan rekaman sekarang bisa sangat tepat diedit oleh fisik pemotongan pita dan kembali bergabung itu. Dalam beberapa tahun diperkenalkannya tape recorder komersial pertama, yang Ampex 200 model, diluncurkan pada 1948, musisi penemu-Amerika Les Paul telah menemukan tape recorder multitrack pertama, membawa sekitar lain revolusi teknis di industri rekaman. Tape dimungkinkan rekaman suara pertama benar-benar diciptakan oleh sarana elektronik, membuka jalan bagi percobaan sonik berani sekolah Beton Musique dan komposer avant garde seperti Karlheinz Stockhausen, yang pada gilirannya menyebabkan rekaman musik pop inovatif artis seperti Frank Zappa , The Beatles dan The Beach Boys.
Tape diaktifkan industri radio untuk pertama kalinya untuk banyak bagian pra-catatan konten program seperti periklanan, yang sebelumnya harus disajikan hidup, dan juga memungkinkan penciptaan dan duplikasi kompleks, kesetiaan tinggi, rekaman lama-lama seluruh program. Hal ini juga, untuk pertama kalinya, diperbolehkan penyiar, regulator dan pihak lain yang tertarik untuk melakukan penebangan komprehensif siaran radio. Inovasi seperti multitracking dan tape echo memungkinkan program radio dan iklan untuk menjadi pra-diproduksi tingkat kompleksitas dan kecanggihan yang sebelumnya tak terjangkau dan tape juga menyebabkan perubahan yang signifikan pada mondar-mandir isi program, berkat pengenalan loop-habisnya tape cartridge.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar